Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kami hari ini enggak ada jadwal kampanye. Karena kami perkirakan sidang kan enggak bisa diukur sampai jam berapa.

JAKARTA, harianpijar.com – Sidang lanjutan ke-13 kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang digelar di Auditorium Kementan, Jakarta Selatan, hari ini Selasa 7 Maret 2017 selesai pukul 14.30 WIB.

Menurut calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), seusai menjalani sidang kasusnya, mengaku tidak melakukan kampanye. Lain itu, hari ini merupakan hari pertama kampanye untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Kami hari ini enggak ada jadwal (kampanye). Karena kami perkirakan sidang kan enggak bisa diukur sampai jam berapa,” kata Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada wartawan di Kompleks Auditorium Kementan, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, dikatakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dirinya akan kembali kampanye pada Rabu 8 Maret 2017 besok. Setelah menyampaikan pernyataan singkat, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) langsung naik mobil dan meninggalkan Kompleks Kementerian Pertanian.

Seperti diberitakan, persidangan hari ini menghadirkan tiga saksi dari pihak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ketiga saksi tersebut adalah Eko Cahyono, Analta Amier, dan Bambang Waluyo Wahab.

Namun, dari ketiga saksi tersebut, hanya kesaksian Eko Cahyono dan Bambang Waluyo Wahab yang diterima oleh majelis hakim. Sementara, kesaksian Analta Amier yang juga kakak angkat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak diakui sebagai saksi setelah jaksa penuntut umum menyatakan keberatannya.

Tim jaksa penuntut umum (JPU) keberatan Analta Amier bersaksi karena dirinya sering hadir pada persidangan sebelumnya.

Menurut tim jaksa, para saksi tidak diperkenankan hadir dalam persidangan selama agenda sidang masih pemeriksaan saksi. Hal itu dilakukan agar tidak ada bias keterangan antara satu saksi dengan yang lainnya.

Sedangkan, sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini akan dilanjutkan pada 14 Maret 2017, masih dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari kubu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

SUMBERKompas.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR