Mendagri Tjahjo Kumolo, , tanpa surat pengajuan cuti, pihaknya belum bisa melantik pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

BANDUNG, harianpijar.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan belum menerima surat pengajuan cuti‎ dari Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, yang akan mengikuti masa kampanye putaran kedua Pilkada DKI.

‎Menurut Tjahjo Kumolo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat diwajibkan cuti selama menjalani proses pemilihan guberbur DKI jakarta putaran kedua. “‎Saya masih menunggu pengajuan surat cutinya Pak Gubernur dan Pak Djarot,” kata Tjahjo Kumolo saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin, 6 Maret 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Tjahjo Kumolo, sesuai rencana surat cuti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat akan diserahkan hari ini. “‎Katanya siang ini,” tegas Tjahjo Kumolo.

Selain itu, dikatakan Tjahjo Kumolo, tanpa surat pengajuan cuti, pihaknya belum bisa melantik pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Lain itu, Tjahjo Kumolo juga belum menyebutkan siapa yang akan dia tunjuk sebagai Plt.

“‎Nanti dasar itulah saya mengeluarkan surat cuti. B‎elum (ada Plt), saya belum teken SK-nya. Mungkin nanti malam,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Seperti diberitakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum  DKI Jakarta Sumarno mewajibkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidyat cuti lagi pada pemilihan gubernur putaran kedua.

“Selama masa kampanye wajib cuti,” kata Sumarno saat ditemui di Hotel Borobudur, Sabtu 4 Maret 2017 malam.

Lain itu, juga dikatakan Sumarno, kampanye Pilkada DKI putaran kedua akan dimulai pada 7 Maret hingga 15 April 2017. Selama rentang waktu tersebut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat harus cuti dari jabatannya.

Sedangkan, menurut Sumarno, kewajiban cuti bagi calon inkumben telah diamanatkan oleh undang-undang. Selama proses kampanye juga tidak diperbolehan ada alat peraga kampanye dan juga tidak ada rapat umum kampanye.

loading...