Sekjen PP Muhammadiyah Bantah Dukung Pasangan Calon di Pilkada DKI

Sekretaris Jendral Umum PP Muhamadiyah Abdul Mu'ti, kalau ada dukungan dari warga Muhammadiyah terhadap paslon itu hanya bersifat personal saja dan bukan organisasi.

JAKARTA, harianpijar.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan secara kelembagaan pihaknya tidak pernah mendukung pasangan calon dalam Pilkada. Lain itu, Muhammadiyah merupakan organisasi dakwah dan tidak pernah terlibat dalam politik praktis baik di tingkat partai maupun pilkada.

Menurut Sekretaris Jenderal Umum PP Muhamadiyah Abdul Mu’ti, kalau ada dukungan dari warga Muhammadiyah terhadap paslon itu hanya bersifat personal saja dan bukan organisasi. Selain itu, ketidakterlibatan Muhammadiyah dalam proses pilkada di seluruh Indonesia sudah dituangkan dalam himbauan PP Muhammadiyah.

“Jadi urusan itu (pilkada) hak masing-masing individu Muhammadiyah,” kata Abdul Mu’ti, saat dikonfirmasi, terkait dukungan Muhammadiyah DKI Jakarta terhadap pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta,  Sabtu, 4 Maret 2017.

Baca juga:   Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto Optimis Ahok-Djarot Menang

Selain itu, ditegaskan Abdul Mu’ti, dirinya meminta untuk menanyakan lebih jauh keputusan tersebut kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta. “Tanya PWM saja biar lebih jelas,” tegas Abdul Mu’ti.

Seperti diberitakan, Ketua Hikmah dan Kebijakan Publik PW Muhammadiyah DKI Jakarta Syahrul Hasan mengatakan, organisasinya sudah resmi mendukung Anies-Sandi.

Sedangkan, keputusan itu dibuat dalam rapat koordinasi Muhammadiyah se-DKI Jakarta, Kamis 2 Maret 2017. Selanjutnya menurut Syahrul Hasan , rapat tersebut dihadiri pimpinan Muhammadiyah, mulai tingkat wilayah (provinsi), tingkat daerah (kotamadya) dan tingkat cabang se-DKI. Ada tiga poin kesepakatan dalam rapat tersebut.

Baca juga:   Ketum PPP: Saya Akan Berjuang Memenangkan Ahok-Djarot Sampai Titik Darah Terakhir

Ketiga poin tersebut adalah, pertama, mendukung penuh Anies-Sandi untuk putaran kedua Pilgub DKI Jakarta. Poin kedua, membentuk tim pemenangan Anies-Sandi dengan nama Relawan Muhammadiyah Jakarta (RMJ) dan poin ketiga, menunjuk Syahrul memimpin Relawan Muhammadiyah Jakarta.

“Insya Allah saya akan menggalang dan mendrive struktural, amal usaha Muhammadiyah, serta keluarga besar Muhammadiyah Se -DKI Jakarta guna memenangkan Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur muslim demi izzah Islam wal muslimin,” kata Syahrul Hasan.

SUMBERTribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini