Kapolri Jendral Tito Karnavian, harus ada CCTV di setiap kawasan dan ruang publik.

PEKANBARU, harianpijar.com – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian meminta Pemerintah Riau segera memasang kamera pemantau CCTV (Closed-circuit television) di setiap sudut kota. Lain itu, sebagai upaya dini pelayanan keamanan masyarakat.

Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pemerintah Provinsi Riau maupun pemerintah kabupaten/kota harus membuat peraturan daerah (Perda-red) yang mewajibkan setiap fasilitas umum, seperti mal, supermarket, dan gedung pelayanan publik memasang kamera pemantau CCTV di setiap sudut ruangannya.

“Harus ada CCTV di setiap kawasan dan ruang publik. Kalau perlu dibuat semacam peraturan daerah untuk mewajibkan fasilitas umum memasang CCTV ini,” kata Jenderal Tito Karnavian, usai peresmian aplikasi pelaganan publik berbasis IT, di Pekanbaru, Jumat, 3 Maret 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Jenderal Tito Karnavian, kamera pemantau ini dapat terkoneksi dengan kantor wali kota dan Kepolisian Resor Kota Pekanbaru sebagai pusat komando. Sehingga petugas kepolisian dapat dengan mudah memantau peristiwa yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

“Sehingga kalau terjadi apa-apa, polisi dapat datang langsung ke tempat kejadian,” tegas Jenderal Tito Karnavian.

Selanjutnya, Jenderal Tito Karnavian juga menjelaskan, dari pengalaman beberapa kota besar yang sudah menerapkan pemasangan kamera pemantau CCTV di setiap sudut kota, dampaknya baik untuk keamanan masyarakat. Polisi dapat dengan cepat bergerak memberikan pengamanan.

Lain itu, dirinya juga mengatakan peristiwa kriminal juga dapat terungkap dan ditangani dengan cepat karena bantuan CCTV. Dicontohkannya, peristiwa bom di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

“Kita banyak terbantu oleh CCTV ini,” kata Jenderal Tito Karnavian.

Karena itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian kembali menekankan agar Pekanbaru dan kota lain di Riau segera memasang kamera pemantau CCTV di setiap kawasan. “Agar keamanan Riau lebih baik,” tandas Jenderal Tito Karnavian.

SUMBERTempo.co
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR