Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, kuota haji Indonesia normal sebesar 211 ribu jamaah, namun jumlah tersebut belum termasuk penambahan kembali sebesar 10 ribu jamaah untuk tahun 2017 hingga berjumlah total 221 ribu jamaah.

BOGOR, harianpijar.com – Kuota jemaah haji seluruh negara, tahun ini mulai kembali normal, setelah dalam empat tahun terakhir mengalami pemotongan sebesar 20 persen karena adanya renovasi Masjidil Haram. Lain itu, Kuota Indonesia pun kembali menjadi 211 ribu.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus mengapresiasi pemerintah Arab Saudi terkait pengembalian kuota haji Indonesia normal sebesar 211 ribu jamaah. Selain itu, jumlah tersebut belum termasuk penambahan kembali sebesar 10 ribu jamaah untuk tahun 2017 hingga berjumlah total 221 ribu jamaah.

“Presiden juga menitipkan warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi dan telah memberikan kontribusi dalam pembangunan di Arab Saudi agar mendapatkan pengayoman dan perlindungan dari yang mulia Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud,” kata Retno LP Marsudi, dalam keterangan resminya, Rabu 01 Maret 2017 kemarin.

Lebih lanjut, dikatakan Retno LP Marsudi, pada pertemuan bilateral tersebut, sebanyak 11 nota kesepahaman berhasil dicapai dan ditandatangani. Salah satunya adalah penandatanganan nota kesepahaman di bidang urusan Islam oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Sheikh Saleh bin Abdulaziz Alash-Sheikh.

Lain itu, penandatanganan nota kesepahaman ini langsung disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Istana Kepresidenan Bogor.

Sementara, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Nizar Bin Obaid Madani menyampaikan bahwa, Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud sangat berbahagia dapat berkunjung ke Indonesia. Kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara.

loading...