Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana, pengamanan terhadap rombongan akan dilakukan sepanjang rute perjalanan mereka, untuk lokasi para sniper (penembak jitu-red) itu dirahasiakan.

JAKARTA, harianpijar.com  – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menyiapkan sejumlah penembak jitu atau sniper dalam mengamankan rombongan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang tiba di Indonesia hari ini, Rabu, 1 Maret 2017. Lain itu, pengamanan ini merupakan standard operational procedure (SOP) yang diterapkan dalam situasi tertentu.

Menurut Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana, dalam menghadapi situasi tertentu khususnya kegiatan ini, polisi lakukan segala cara untuk yakinkan tamu negara merasa aman. “Pengamanan terhadap rombongan akan dilakukan sepanjang rute perjalanan mereka,” kata Brigjen Pol Suntana, saat dikonfirmas di Polda Metro Jaya, Rabu, 1 Maret 2017.

Lebih lanjut, dikatakan Brigjen Suntana, untuk lokasi para sniper (penembak jitu-red) tidak dapat diberitahu, karena itu dirahasiakan.

Selanjutnya, Raja Salman dan 1.300 orang rombongannya yang ikut, yang telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan mereka kemudian akan langsung bertolak ke Istana Bogor untuk menemui Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Brigjen Pol Suntana juga menegaskan, rombongan dari Arab Saudi ini juga membawa pasukan pengamanan sendiri. Hal tersebut, menurutnya sesuai dengan mekanisme pengamanan kunjungan tiap kepala negara.

Namun, Brigjen Pol Suntana mengatakan pelaksanaan keamanan para pasukan pengamanan dari Arab itu tetap disesuaikan dengan Polri. “Pelaksanaannya dikoordinir oleh Polri. Misalnya berapa senjata yang dibawa, terus kami negosiasikan,” kata Brigjen Suntana.

Sementara, menurut Brigjen Pol Suntana, para pasukan pengawal khusus itu akan terus melekat dengan rombongan, khususnya Raja Salman. Dirinya memastikan rute perjalanan Raja Salman dan lokasi penginapan akan terus mereka jaga.

Seperti diberitakan, rencananya Raja Salman dan rombongannya akan berada di Jakarta selama empat hari. Selanjutnya, rombongan kemudian akan bertolak ke Bali, sebelum mengakhiri kunjungan mereka.

SUMBERTempo.co
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR