Pemprov Bengkulu Entaskan Masyarakat Dari Kemiskinan Melalui Lima Program Prioritas

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, program prioritas tersebut telah dikonsolidasikan dengan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) melalui rapat-rapat terbatas.

BENGKULU, harianpijar.com – Dalam upaya mengentaskan masyarakat dari kemiskinan Pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini memfokuskan pembangunan melalui lima program prioritas. Hal ini, masih berada di angka 17 persen.

Menurut Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, ada lima program yang diintegrasikan satu dengan lainnya untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan yang menjadi sasaran utama seluruh program. Lain itu, program prioritas tersebut telah dikonsolidasikan dengan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) melalui rapat-rapat terbatas.

“Melaui rapat terbatas sudah dikonsolidasikan ke OPD,” kata Ridwan Mukti, di Bengkulu, Selasa 28 Februari 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Ridwan Mukti, program pertama adalah pengentasan masyarakat dari kemiskinan dan meretas ketertinggalan; kedua, penguatan komoditas unggulan agromaritim dan hilirisasi; ketiga, pengembangan infrastruktur strategis dan industrialisasi.

Baca juga:   Pengamat Politik: Menjadi Tanda Tanya Besar, Mendagri Tidak Nonaktifkan Ahok

Selanjutnya, prioritas keempat, transformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi dan informasi; program kelima, menyukseskan agenda pariwisata daerah Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

“Program ini dikoordinasikan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah ke tingkat kabupaten dan kota,” tegas Ridwan Mukti.

Selain itu, dikatakan Ridwan Mukti, pembangunan belum menyasar langsung kebutuhan masyarakat untuk menjawab tantangan kemiskinan.

Karena pemerintah daerah, selama ini masih fokus pada masalah administratif dengan target laporan keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP).

Baca juga:   Sumarsono: Pemerintah Pastikan Segera Melantik Djarot Sebagai Gubernur DKI

“Kenyataannya capaian itu belum mampu menjawab pengentasan masyarakat dari kemiskinan yang angkanya masih tinggi,” kata Ridwan Mukti.

Sementara, menurut Ridwan Mukti, untuk menjalankan lima program prioritas ini, dirinya memandang perlu gerakan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

Dicontohkan Ridwan Mukti, program penguatan komoditas unggulan agromaritim dan hilirisasi yang dilakukan dengan perluasan areal tanam komoditas unggulan dan membuka jaringan pasar seluas-luasnya. Sejumlah komoditas unggulan bidang hortikultura, yakni pisang curup, jeruk gerga lebong dan sawo kaur serta mangga bengkulen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini