Hari Ini, KPU DKI Gelar Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada DKI

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, rekapitulasi tingkat provinsi ini final sehingga kita akan tahu secara keseluruhan hasil perolehan suara, berapa jumlah pemilih, partisipasi pemilih dan seterusnya.

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, hari ini Minggu, 26 Februari 2017 menggelar rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi Pilkada DKI Jakarta.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, rekapitulasi yang digelar merupakan rangkaian dari pencoblosan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu, 15 Februari 2017. Kemudian penghitungan di tingkat kecamatan mulai dari tanggal 16-22 Februari dan rekapitulasi tingkat kota pada 23 Februari 2017.

Baca juga:   Pengamat: Sikap Partai Demokrat Non Blok Dalam Pilkada DKI Terbaca

“Rekapitulasi tingkat provinsi ini final sehingga kita akan tahu secara keseluruhan hasil perolehan suara, berapa jumlah pemilih, partisipasi pemilih dan seterusnya,” kata Sumarno, saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu 26 Februari 2017.

Lebih lanjut, dikatakan Sumarno, dirinya optimistis penghitungan suara akan selesai hari ini. Tetapi, jika tidak memungkinkan, maka akan dilanjutkan pada Senin 27 Februari 2017 besok. Lain itu, rekapitulasi yang dilakukan ini belum pada tahapan penetapan hasil. Masih ada jedah waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) perihal hasil rekapitulasi perolehan suara.

Baca juga:   NU: Warga DKI Jakarta Diminta Pisahkan Agama Dengan Pilkada

“Bila setelah tiga hari kami dapat konfirmasi MK bahwa tidak ada ajukan gugatan keberatan, kami tanggal 3-4 Maret akan mengumumkan hasil, sekaligus apakah ada putaran kedua atau tidak, sekaligus penetapan paslon putaran kedua,” kata Sumarno di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar