Presiden Inginkan Landasan Hukum Formal Soal Polemik Pengaktifan Ahok

Dahnil-anzar-simanjuntak
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar, sebagai Presiden landasan itu penting buat mengambil keputusan.

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bersikap terang dan tegas soal pengaktifan kembali Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI jakarta. Lain itu, sikap yang akan diambil ketika ada argumentasi hukum formal oleh Mahkamah Agung (MA) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Menurut Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, yang berkembang saat ini adalah argumentasi-argumentasi individual dari para ahli hukum dan itu argumentasinya berbeda-beda dan debatable. Sementara, Presiden tidak ingin masuk pada ruang debat itu.

Baca juga:   Ikut Pilkada Jatim 2018, Mensos Khofifah Akan Minta Izin Presiden Jokowi

“Beliau akan bersikap ketika ada sikap formal atau keputusan hukum formal,” kata Dahnil Anzar Simanjuntak seusai bertemu Presiden, Senin 20 Februari 2017.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya telah meminta pandangan MA soal ini. Namun, menurut Mendagri Presiden akan mengikuti apa yang menjadi keputusan MA. Tetapi, Mahkamah Agung (MA) menolak dan menyerahkan keputusan itu kepada Mendagri.

Selain itu, dikatakan Dahnil Anzar Simanjuntak, penolakan MA bukan masalah. Masih ada satu proses hukum yang belum diputuskan, yakni gugatan Advokat Cinta Tanag Air (ACTA) kepada Mendagri di PTUN.

Baca juga:   Kuasa Hukum: Siapa Jamin Keamanan Ahok jika Dipenjara di Lapas Cipinang

“Kalau MA menolak mengeluarkan Fatwa maka harapannya adalah PTUN,” tegas Dahnil Anzar Simanjuntak.

Lain itu, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, dirinya memahami Presiden Jokowi menginginkan adanya landasan hukum formal buat menyelesaikan masalah ini. Sebagai Presiden, landasan itu penting buat mengambil keputusan.

“Tentu kami yang di luar melihat dari sisi karena sudah capek dengan kebisingan-kebisingan itu dan tidak sabar. Kami pahami kondisi pak Jokowi,” tandas Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

SUMBERMetrotvnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini