Bunga Rafflesia Arnoldi Kembali Mekar Di Bukit Daun Taba Penanjung Bengkulu

Gilang Ibnu, Bunga saat ini sedang dalam posisi mekar sempurna dan bisa dinikmati hingga tiga hari ke depan, masyarakat yang ingin melihat bunga tersebut hanya perlu berkendaraan dari Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang, berhenti di KM 47.

BENGKULU, harianpijar.com – Bunga Rafflesia Arnoldi yang berdiameter sekitar 55 centimeter mekar sempurna di kawasan hutan lindung Bukit Daun, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Menurut Gilang Ibnu mengatakan, posisi bunga dapat dijangkau dengan berjalan kaki sejauh 20 meter ke dalam hutan. “Bunga saat ini sedang dalam posisi mekar sempurna dan bisa dinikmati hingga tiga hari ke depan,” kata Gilang Ibnu, salah satu warga yang menemukan bunga langka itu sedang mekar, di Bengkulu, Senin 20 Februari 2017.

Lebih lanjut, dijelaskan Gilang Ibnu, masyarakat yang ingin melihat bunga tersebut hanya perlu berkendaraan dari Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang, berhenti di KM 47. Jalan tersebut merupakan jalan lintas Bengkulu-Sumatera Selatan.

Baca juga:   Rhenald Kasali Pakar Manajemen UI, Masuk Hutan Demi Bunga Rafflesia

“Kami sudah membuat spanduk di tepi jalan untuk memudahkan pengunjung menemukan spot bunga mekar,” jelas Gilang Ibnu.

Sementara, dikatakan Gilang Ibnu, selain satu bunga yang sedang mekar sempurna, di lokasi yang sama juga ditemukan satu bonggol atau calon bunga yang diperkirakan mekar dalam beberapa pekan ke depan.

Karena itu, dirinya bersama kelompok peduli bunga Rafflesia lainnya telah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung mencapai lokasi di dalam hutan.

“Kami juga membuat tenda untuk menjaga bunga karena rawan dirusak atau dicuri orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Gilang Ibnu.

Selain itu, menurut Gilang Ibnu, untuk pengunjung tidak dipungut retribusi untuk melihat bunga unik tersebut, hanya saja dikenakan biaya Rp5.000 per orang bagi yang ingin berfoto di sisi bunga tersebut.

Baca juga:   Menjelang Pergantian Tahun, Dua Kuntum Bunga Raflesia Mekar Sempurna di Bengkulu

Sementra, menurut salah seorang pengunjung, mengatakan, dirinya merasa terkesan setelah menyaksikan bunga rafflesia mekar di habitatnya dengan sempurna.

“Ini pengalaman unik dan langka bisa menyaksikan bunga rafflesia mekar di habitatnya. Hal ini menurutnya bisa jadi modal untuk mengembangkan wisata Bengkulu,” ucapnya terkagum.

Diketahui sebelumnya, Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan bunga terbesar di dunia dengan diameter bisa mencapai lebih 100 centimeter. Lain itu, dikawasan hutan Bengkulu ini sudah terindentifikasi memiliki tiga jenis bunga Rafflesia, yakni Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia hasselti, selain Rafflesia Arnoldi itu sendiri.

 

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar