Rehab Rumah Kumuh, Pemprov Bengkulu Kucurkan Dana Rp 30,8 Miliar

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu, Rudi Perdana, mereka yang menerima rehab rumah adalah, sesuai yang diusulkan dari desa atau kelurahan masing-masing.

BENGKULU, harianpijar.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2017 ini akan mengucurkan dana sebesar Rp 30,8 miliar. Lain itu, dana yang bersumber dari APBN tersebut untuk program rehab 2.000 rumah kumuh swadaya.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu, Rudi Perdana, dalam pelaksanaan program rehab tersebut, setiap Rumah Tangga Sasaran (RTS) mendapatkan bantuan material sesuai kebutuhaan untuk biaya perbaikan rumah.

Lain itu, juga menurut Rudi Perdana, bantuan rehab rumah kumuh ini akan disalurkan langsung oleh Bidang Perumahan dengan dibantu aparat kelurahan tempat tinggal warga setempat yang tersebar di 9 wilayah kabupaten dalam Provinsi Bengkulu.

“Bantuan bukan dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk barang atau material senilai uang, seperti untuk rehab ringgan Rp 5 sampai 7 juta, rehab sedang Rp 15 juta dan rehab berat Rp 20 juta,” kata Rudi Perdana, di Bengkulu, Jumat 17 Februari 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Rudi Perdana, rehab rumah kumuh yang akan dilakukan dalam bentuk perbaikan atapnya sudah rusak, dan nantinya diklasifikasi ringan berat dan sedang. “Mereka yang menerima rehab rumah adalah, sesuai yang diusulkan dari desa atau kelurahan masing-masing, dan kita tinggal menyalurkannya saja,” tegas Rudi Perdana.

Selanjutnya, Rudi Perdana juga menjelaskan, untuk program pembangunan infrastrutkur kawasan kumuh kotaku sebanyak 131 kelurahan di Kota Bengkulu, Kepahiang, Bengkulu Utara, dengan total anggarannya sebesar Rp 8 miliar.

“Untuk prorgam pengembangan kawasan pemukiman pedesaan dengan anggaran dananya sekitar Rp 11 miliar di Kabuapten Rejang Lebong,” tandas Rudi Perdana.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini