Selama Proses Pilkada Serentak, Polri Terima 255 Pengaduan Dan Laporan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto, beberapa laporan sudah ditindak lanjuti hingga ke proses persidangan.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerima aduan dan laporan beberapa pelanggaran dalam proses Pilkada serentak 2017. Sementara, beberapa laporan sudah ditindak lanjuti hingga ke proses persidangan.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto, pihaknya dilaporkan juga dari penanganan-penanganan prosesi Pilkada serentak ini, yaitu dari persiapan pelaksanaan yang isinya di masa kampanye, masa tenang dan seterusnya.

“Ada laporan atau temuan sebanyak 255 ini masih berjalan,” kata Brigjen Pol Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 15 Februari 2017.

Baca juga:   Cak Nun: Polisi Bukan Suruhan Pemerintah dan Bukan Bawahan Presiden

Lebih lanjut, dikatakan Brigjen Pol Rikwanto, sebagian besar laporan diterima saat memasuki masa kampanye, menurut data jumlahnya mencapai 178 kasus. Tetapi, sebanyak 145 kasus tidak memenuhi persyaratan untuk diproses lebih lanjut.

Sementara, ada 12 kasus yang diproses masuk ke tahap penyidikan. Kasus tersebut terkait dengan tindak pidana pelanggaran Pemilu. Sebanyak 9 kasus sudah masuk ke tahap kedua atau sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk disidangkan.

Baca juga:   Polri Soal #PercumaLaporPolisi dan #PolriSesuaiProsedur: Tak Ada Perang Hashtag

Selain itu, Brigjen Pol Rikwanto juga menjelaskan, khusus Pilkada DKI Jakarta, tidak ada laporan kejadian perkara tindak pidana Pemilu. Meski antusiasme dan suhu politik di Ibu Kota jelang hari H Pilkada memanas.

“Secara umum situasi kondusif, di Jakarta khususnya tidak ada kejadian yang berarti, semua melaksanakan kewajibannya dan antusiasmenya luar biasa, dinamikanya luar biasa. Khusus di Jakarta juga tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang berarti,” tandas Brigjen Pol Rikwanto.

 

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar