Selesai Uji kesiapan, Satelit Telkom-3S Siap Diluncurkan

Satelit-Telkom-3S

harianpijar.com – Uji persiapan peluncuran Satelit Telkom 3S telah digelar oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, satelit tersebut dijadwalkan mengorbit pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB, di Guiana Space Center, Kourou, Guyana, Prancis.

“Sejumlah kegiatan persiapan akhir jelang peluncuran telah diselesaikan, seperti general rehearsal dan lunch readiness review. Kedua tahapan akhir yang sangat krusial telah terlewati, kondisinya on track dan hijau,” kata Abdus Somad Arief, Direktur Network, IT and Solution Telkom, dalam siaran pers, di Jakarta, Senin, 13 Februari 2017.

Pengecekan satelit dilakukan dengan pengetesan sesuai cek list yang telah disiapkan. Guna memastikan bahwa spesifikasi teknis dan fungsi-fungsi seluruh bagian satelit berada dalam kondisi baik dan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

“Hasil pengetesan, tidak ada kondisi yang mempengaruhi jadwal peluncuran, dan telah diambil keputusan untuk go ahead sesuai jadwal,” tegas Abdus.

Lain itu, Abdus didampingi tim teknis dari Telkom mendapatkan kesempatan untuk membubuhkan tanda tangan di atas fairing (tempat satelit) sebelum satelit diletakkan di ujung roket peluncur.

Prosesi itu biasa dilakukan sembari menyambut hari peluncuran satelit yang menandakan satelit beserta roket peluncurnya siap untuk diluncurkan.

“Kami berharap doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar Satelit Telkom 3S dapat diluncurkan sesuai jadwal, hingga akhirnya berada di orbit di atas Indonesia dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk memberikan layanan telekomunikasi yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Abdus.

Dengan investasi sekitar 300 juta dolar AS, Satelit Telkom 3S diklaim dapat meningkatkan dan memperluas cakupan layanan telekomunikasi terutama di daerah-daerah terpencil yang tidak dapat dilalui kabel optik.

Satelit Telkom 3S diproduksi oleh Thales Alenia Space (TAS) milik Prancis, dengan roket peluncuran Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncuran satelit Arianspace Europa.

Sesuai catatan, Satelit Telkom 3S akan menempati slot orbit 118 derajat bujur timur yang berada di atas Pulau Kalimantan yang ditempati oleh Satelit Telkom 2.

SUMBERANTARANews

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini