Untuk Kemajuan Bersama, Pemprov Bengkulu Bahas Sinkronisasi Program Antar OPD

Kepala Dinas Pendudukkan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu, M.Ikwan, kita mengimput by name, by address, dan by NIP, namun TNP2K pengimputan data tanpa NIP, hanya memakai NURT.

BENGKULU, harianpijar.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu mengajak seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajarannya membahas sinkronisasi program prioritas antar lintas OPD kota/kabupaten. Hal tersebut, terungkap dalam rapat terbatas pada Senin 13 Februari 2017 di Bengkulu.

Menurut Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, dirinya menginginkan OPD Provinsi maupun Kota/kabupaten harus saling bersinergi dan fokus untuk kemajuan bersama, dan anggaran pembangunan yang dikucurkan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kepala OPD Provinsi diharapkan dapat memberikan komando kepada OPD di Kota/Kabupaten, arah tujuan pembangunan. Kepala OPD diminta berpikir kreatif dalam memberikan inovasi, sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat dirasakan oleh masyarakat Bengkulu,” kata Ridwan Mukti, di Bengkulu, Senin 13 Februari 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Ridwan Mukti, tugas Pemprov hanya sebagai pemacu/pemberi komando dalam pembangunan. Hal ini, dikarekan provinsi tidak memiliki wilayah seperti halnya kabupaten.

“Ide kreatif pembangunan di daerah agar lebih inovatif dan tertuju ke masyarakat miskin yang lebih membutuhkan,” tegas Ridwan Mukti.

Selanjutnya, Ridwan Mukti juga menjelaskan, ada lima program prioritas Pemprov dan di setiap OPD memiliki keterkaitan, secara langsung akan menjadi penanggung jawab pada setiap point program prioritas, dan hal tersebut akan dicetuskan dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur.

Kelima program prioritas membangun Provinsi Bengkulu, pertama, pengentasan kemiskinan dan peretasan ketertinggalan. Kedua, penguatan komoditas unggulan Agro-Maritim, kemudian ketiga, pengembangan infrastruktur strategis dan industrialisasi. Ke empat, transformasi birokrasi berbasis IT, dan kelima, visit 2020 Wonderful Bengkulu.

“Lima Surat Keputusan (SK) Gubernur akan diterbitkan, masing-masing akan menentukan OPD inti dan penunjang yang akan bertanggung jawab dalam mewujudkan lima program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur,” tandas Ridwan Mukti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini