PLN Dan Dinas ESDM Bengkulu, Lakukan Survey Lokasi Desa Yang Belum Dialiri Listrik

oktaviano
Plt Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Propinsi Bengkulu, Oktaviano, ada sekitar 50 desa belum masuk listrik, sedangkan data kita tinggal 28 desa yang belum dialiri aliran listrik dan selebihnya adalah dusun.

BENGKULU, harianpijar.com – Plt Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Propinsi Bengkulu, Oktaviano menyatakan, dari sekitar 1.500 desa sebanyak 50 desa dan dusun yang ada dalam wilayah Propinsi Bengkulu, belum dialiri aliran listrik.

Lebih lanjut, juga menurut Oktaviano, dari 50 desa dan dusun itu yang belum dialiri aliran listrik, diantaranya berada di Kabupaten Mukomuko sebanyak 12 Desa, Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 17 desa dan Kabupaten Seluma sekitar 10 desa.

“Saat rakor bersama PLN, ada sekitar 50 desa belum masuk listrik. Sedangkan data kita tinggal 28 desa yang belum dialiri aliran listrik dan selebihnya adalah dusun, ” kata Oktaviano, di Bengkulu, Jumat 10 Februari 2017.

Lain itu, Oktaviano juga menegaskan, dalam program listrik masuk desa mulai tahun ini, pihaknya dan PLN akan melakukan survey jaringan terhadap desa yang berdekatan dengan desa dan dusun belum dialiri listrik.

Baca juga:   Program Listrik Pedesaan, 7 Desa di 2 Kabupaten Dalam Propinsi Bengkulu Sudah Dialiri Listrik

Namun, saat survey dilaksanakan nanti antara pihaknya dengan PLN agar berbeda lokasinya. Hal itu, bertujuan selain bisa menghemat biaya dan waktu, juga sasaran nya bisa tercapai dengan memasukan listrik ke desa atau dusun yang belum dialiri listrik.

“Data desa dan dusun belum masuk listrik itu bisa juga bertambah, namun bisa berkurang, tergantung hasil survey nanti, ” tegas Oktaviano.

Sementara, menurut Oktaviano, untuk merealisasikan listrik masuk desa, pihak PLN Bengkulu pada tahun ini juga akan memasukan konstruksi atau infrastruktur jaringan listrik terhadap desa dan dusun yang belum dialiri listrik. Hal itu, mengingat untuk elektrifikasi daya listrik Bengkulu hingga Februari ini tercatat 91 persen.

Baca juga:   Fadli Zon Sebut Kejadian Listrik Padam Merupakan Ciri Negara yang Salah Urus

“Dengan elektrifikasi daya listrik sudah 97 persen dan terlaksananya program listrik masuk desa dan dusun mulai tahun ini, ditargetkan pada tahun 2018 mendatang seluruh wilayah Propinsi Bengkulu sudah terang, termasuk masyarakat di daerah Pulau Enggano, ” kata Oktaviano.

Selanjutnya, juga ditegaskan Oktaviano, setelah program listrik ini berjalan dengan baik, pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan PLN, agar listrik tidak lagi sering terjadi pemadaman dan tegangan listrik tetap stabil dalam wilayah Bengkulu.

“Kita targetkan pada tahun 2020 mendatang masyarakat tidak lagi ada keluhan soal listrik. Apalagi saat ini pihak PLN sudah mulai membangun jaringan interkoneksi ke luar Bengkulu, dan penambahan daya 6 Mega Watt serta Gardu Induk (GI),” tandas Plt Kepala Dinas EDSM Provinsi Bengkulu itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini