Tiga Pasang Cagub Cawagub DKI, Debat Pamungkas Malam Ini

tiga-cagub-cawagub-dki
Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun, tiga kandidat akan memanfaatkan debat pamungkas ini dengan maksimal.

JAKARTA, harianpijar.com – Debat tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta malam ini akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Lain itu, tiga pasangan Cagub-Cawagub, yakni: Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno, merupakan debat pamungkas atau terkahir.

Sedangkan debat  calon gubernur dan calon wakil gubernur ini akan dimulai pukul 19.30 WIB.

Sementara, debat ketiga pasang kandidat ini akan mengusung tema, ‘kependudukan, perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, anti narkoba, dan kebijakan kepada penyandang disabilitas’.

Menurut Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun, aksi tiga Cagub DKI Jakarta dalam debat pamungkas ini akan sangat dinanti warga Jakarta.

Baca juga:   Jika Tak Digugat Ke MK, Pelantikan Bupati Bengkulu Tengah Terpilih Dilakukan April Mendatang

Lebih lanjut, dikatakan Rico Marbun, warga menunggu siapa dari tiga kandidat itu yang akan menyelipkan sindiran atau pendapat tentang kegiatan 11 Februari atau aksi 112 Sabtu besok. Walaupun tidak sesuai dengan tema debat, diprediksi pernyataan kandidat soal aksi 112 dan jelang minggu tenang sangat ditunggu.

“Yang menarik nanti siapa di antara kandidat yang berani menyelipkan sindiran atau pendapat tentang situasi jelang minggu tenang. Seperti isu 112 karena ini juga ditunggu, walau pun bisa jadi tidak berhubungan langsung dengan tema debat,” kata Rico Marbun, saat perbincangan, Jumat 10 Februari 2017.

Baca juga:   Komisi II: Belum Ada Wacana Terkait Penundaan Pilkada

Lain itu, juga ditegaskan Rico Marbun, tiga kandidat akan memanfaatkan debat pamungkas ini dengan maksimal. Terutama kandidat yang berdasarkan survei elektabilitasnya menurun, harus tampil maksimal dalam debat final ini.

Karena itu, menurutnya, 40 persen jumlah penduduk Jakarta menonton debat, baik melalui televisi maupun internet dan media sosial. Selain itu, karakter demografis penonton debat Pilgub DKI rata-rata dari kalangan menengah ke atas dan tidak bisa dipengaruhi hanya dengan blusukan teritorial.

“Dengan isu kependudukan, seharusnya para challenger, AHY dan Anies, bisa lebih menekankan visi yang lebih humanis ketimbang petahana,” tandas Rico Marbun.

 

SUMBERdetik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini