Panwasli Bengkulu Tengah Rekrut 150 Relawan Pengawas Pilkada

panwasli
Komisioner Bawaslu Bengkulu, Sa'adah Mardliyati, masyarakat juga diminta aktif melaporkan dan menyampaikan potensi kecurangan.

BENGKULU, harianpijar.com – Terkait pelaksanaan Pilkada serentak 15 Februari 2017 mendatang, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwasli) Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, merekrut 150 orang relawan pengawas pilkada. Tenaga relawan direkrut dari sejumlah desa yang ada di 10 kecamatan Bengkulu Tengah.

Lain itu, tenaga relawan tersebut akan ditugaskan memantau jalannya pelaksanaan pilkada serentak, Rabu 15 Febaruari 2017.

Menurut Komisioner Bawaslu Bengkulu, Sa’adah Mardliyati, mereka diharapkan dapat memantau jalannya tahapan pilkada yang bersih tanpa ada tindakan kecurangan yang dilakukan baik paslon, tim pemenangan, maupun penyelenggara itu sendiri.

Baca juga:   Tiga Pasang Cagub Cawagub DKI, Debat Pamungkas Malam Ini

Lebih lanjut, dikatakan Sa’adah Mardliyati, tidak hanya itu, tapi juga dirharapkan di masa depan muncul pejuang demokrasi yang mau memantau demokrasi dalam pilkada serentak. “Karena itu masyarakat juga diminta aktif melaporkan dan menyampaikan potensi kecurangan,” kata Sa’adah Mardilyati, di Bengkulu, Jumat 10 Januari 2017.

Baca juga:   Ada Dukungan Agar Maju di Bali dan Kaltim, Ahok Pilih Bisnis

Selanjutnya, ditegaskan Sa’adah Mardliyati, pemberi maupun penerima praktik politik uang dapat diancam pidana penjara. Untuk pasangan calon itu sendiri terancam digugurkan atau dibatalkan sebagai kandidat meski telah ditetapkan.

Sebelumnya diketahui, Bawaslu telah menerima 18 dugaan pelanggaran di Bengkulu Tengah. Lain itu, pelanggaran diketahui melalui laporan masyarakat, laporan kuasa hukum paslon, laporan Panwascam, dan temuan Panwasli dan saat ini semua temuan telah diproses Panwasli Bengkulu Tengah.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini