Sakit Perut, Coba Hindari Beberapa Makanan ini

Sakit-Perut

harianpijar.com – Hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan salah satunya adalah makan. Namun, jika Anda mengalami sakit perut, Anda mungkin akan berpikir ulang untuk makan. Jadi, ada baiknya Anda harus menghindari atau memilah-milah makanan apa saja yang bisa membuat sakit perut Anda berlangsung lebih lama.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari saat sedang sakit perut, seperti dilansir dari hellosehat:

1. Makanan pedas

Makanan pedas memang menggugah selera untuk makan, namun, jika Anda sedang mengalami mual, muntah, atau diare, sebaiknya hindari makanan pedas hingga keadaan lebih baik.

2. Makanan asam

Makanan lainnya yang perlu dihindari adalah makanan asam seperti saus tomat, atau buah yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, serta anggur yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Meskipun anggur merah dan hitam mengandung resveratrol, antioksidan yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, namun kandungan fruktosa dan tanin di dalamnya dapat menyebabkan mual dan diare jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Makanan berlemak

Hindari makanan berlemak seperti mentega, es krim, daging merah, dan keju untuk sementara waktu karena makanan berlemak akan merangsang kontraksi pada saluran pencernaan yang dapat memperlambat pengosongan lambung, memperburuk sembelit, atau menyebabkan diare lebih buruk.

4. Susu

Susu mengandung laktosa gula sehingga membuat susu sulit dicerna oleh tubuh. Jika Anda tetap minum susu saat mengalami diare, maka diare Anda akan memburuk.

5. Gula halus

Gula halus dapat menyebabkan kadar insulin meningkat sehingga akan terjadi fluktuasi gula darah dalam tubuh. Meski tidak berdampak langsung, konsumsi gula halus saat perut sakit dapat membuat tubuh Anda berkeringat dan gemetar.

6. Kafein

Kafein (seperti teh, kopi, dan soda) akan merangsang motilitas (kemampuan bergerak atau berpindah tempat) saluran pencernaan yang akan membuat isi yang ada di dalam saluran pencernaan bergerak lebih cepat melalui sistem pencernaan, sehingga, mengkonsumsi Kafein dengan jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan Anda diare.

Lain itu, soda merupakan salah satu produk makanan yang perlu dihindari karena kandungan asam sitrat dan natrium benzoat-nya bersifat keras pada perut Anda.

7. Bawang putih

Ekstrak bawang putih merupakan salah satu suplemen terbaik bagi jantung, namun, mengkonsumsi bawang putih saat sakit perut bisa menyebabkan nyeri meningkat karena fruktans atau senyawa pada bawang putih dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan.

Makanan yang baik untuk mengatasi sakit perut

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi agar kondisi perut membaik:

Nasi

Makanan utama yang kaya akan magnesium dan kalium, yang keduanya akan membantu dalam mengurangi kram dan rasa sakit pada perut. Nasi juga tinggi akan pati resisten yang dapat menyerap racun dan membantu racun keluar dari tubuh Anda. Selain itu, nasi juga rendah serat dibanding biji-bijian lainnya.

Yogurt non-susu

Bakteri yogurt adalah salah satu yang paling menenangkan untuk saluran pencernaan dan ampuh untuk mengurangi kram, kembung, dan membantu pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat dari yoghurt tanpa kandungan susu, Anda dapat mencoba kedelai, kelapa, atau susu yogurt almond yang tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan.

Pisang

Pisang yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut Anda sakit adalah pisang yang setengah matang, karena pisang yang terlalu matang (yang berwarna kuning cerah) justru dapat menyebabkan kram perut. Pisang yang setengah matang mengandung jumlah tinggi magnesium, kalium, dan vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi kram dan rasa sakit pada perut.

SUMBERhelloSEHAT

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini