Peserta Piala Presiden Sepakati Beberapa Aturan Baru

Klub-peserta-Piala-Presiden-2017
Beberapa peraturan baru seperti pembatasan jumlah pemain asing dan kewajiban memberi kesempatan pada pemain U-23 telah disepakati oleh seluruh peserta Piala Presiden 2017. (foto: bola.com)

harianpijar.com – Piala Presiden akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini pukul 15.00 WIB, dengan partai perdana antara PSS Sleman melawan Persipura Jayapura.

Turnamen yang menjadi ajang pramusim ini diikuti oleh 20 peserta yang terbagi dalam lima grup serta lima kota tuan rumah yaitu Sleman, Malang, Bandung, Denpasar, dan Bangkalan.

Juara Piala Presiden 2017 akan menerima hadiah sebesar Rp3 miliar, peringkat kedua mendapat Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan untuk peringkat keempat sebesar Rp500 juta.

Beberapa peraturan baru seperti pembatasan jumlah pemain asing dan kewajiban memberi kesempatan pada pemain U-23 telah disepakati oleh seluruh peserta Piala Presiden 2017.

Sebenarnya, peraturan ini mirip dengan apa yang akan diterapkan pada kompetisi resmi Liga 1 yang dihelat akhir Maret mendatang.

Baca juga:   Final Piala Presiden, Jokowi Datang Pengamanan Diperketat

Hanif Thamrin, Direktur Media PSSI mengatakan peraturan yang disepakati termasuk pembatasan usia pemain maksimal 35 tahun, kuota pemain asing dari Asia satu orang dan dua untuk non-Asia, serta kewajiban tiap klub untuk mendaftarkan lima pemain U-23 serta memainkan tiga di antaranya selama 45 menit atau selama satu babak pertandingan.

“Selama klub sudah mendaftarkan minimal 18 pemain, sisa pendaftaran 12 pemain lagi dibolehkan menyusul dengan syarat,” ujar Hanif Thamrin seperti dilansir dari CNNIndonesia, Sabtu, 4 Februari 2017. Kesepakatan itu diambil pada rapat manajer terakhir yang digelar di Hotel Alana, Yogyakarta, Jumat, 3 Februari 2017.

Baca juga:   Piala Presiden 2017: Arema FC Juara, Adam Alis Pemain Terbaik

Hanif juga menyatakan penutupan pendaftaran pemain asing paling lambat sampai 7 Februari, atau tiga hari setelah Piala Presiden resmi dibuka oleh Presiden Jokowi hari ini, di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Lain itu, untuk pemain Indonesia bisa didaftarkan sampai 19 Februari 2017.

“Pemain asing harus memiliki Visa Kunjungan Usaha (VKU). Pemain asing boleh tetap mengikuti fase grup turnamen menggunakan visa turis dengan syarat klub harus menyertakan dokumen berupa bukti surat resmi dari klub yang sudah mulai menjalankan proses permohonan VKU ke Imigrasi,” kata Hanif.

Dan kemudian, panitia pelaksana akan menjembatani komunikasi antara pengurusan proses keabsahan pemain asing dengan BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia).

SUMBERCNNIndonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini