Ezra Walian 1
Ezra Walian (foto: ajaxshowtime.com).

JAKARTA, harianpijar.com – Proses naturalisasi Ezra Walian kini telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Sekretaris Negera (Setneg). Surat dari Setneg telah dikirimkan ke DPR untuk dibahas dalam rapat tingkat komisi.

“Jadi surat permohonan (naturalisasi) Ezra Walian dari Presiden sudah dikirim ke Ketua DPR dan akan dibahas sesuai ketentuan yang berlaku di Komisi II DPR. Surat dari Presiden ke DPR tertanggal 19 Januari dan ditembuskan ke Kemenpora,” ujar Gatot S. Dewa Broto, juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga, dilansir dari CNNIndonesia, Senin, 23 Januari 2017.

Gatot juga mengatakan, lembaga yang diundang dalam rapat persetujuan di Komisi II adalah yang sesuai ketentuan, yaitu Menteri Hukum dan HAM yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara dan Menpora.

Jika hasil dari rapat kerja Komisi II menyepakati naturalisasi Ezra Walian, baru lah DPR mengirimkan kembali surat kepada Presiden dan Setneg. Selanjutnya, Keputusan Presiden soal naturalisasi Ezra akan diproses.

“Prosesnya kurang dari satu bulan. Pengalaman di dunia olahraga, ini yang paling cepat. Tergantung urgensinya. Ini jadi salah satu prioritas,” kata Gatot.

Sebelumnya pada 28 Desember lalu, Menpora atas permohonan dari PSSI sudah membuat surat rekomendasi ke Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian Menteri Hukum dan HAM sudah meneruskannya ke Presiden.

Ezra diharapkan bisa langsung jadi bagian Timnas Indonesia saat berlaga di SEA Games 2017 mendatang. SEA Games akan berlangsung pada 19-31 Agustus di Kuala Lumpur, Malaysia.

SUMBERCNNIndonesia
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR