Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, untuk kasus ini sudah naik ke tingkat penyidikan, mencari tersangka.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya akan memeriksa Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), terkait pernyataan palu arit di uang kertas baru. Lain itu, penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya akan mengorek keterangan Rizieq Shihab sejak awal menduga ada lambang palu arit di uang kertas tersebut.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, tentunya nanti akan kita tanyakan kepada yang bersangkutan dari kegiatan awal sampai ceramah dengan mata uang yang disebut diduga ada palu arit.

Lebih lanjut, Kombes Pol Argo Yuwono, menjelaskan, penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ini. Di antaranya pelapor dan saksi ahli.

Hari ini merupakan pemeriksaan perdana Rizieq Shihab sebagai saksi terlapor. “Saksi kita sudah memeriksa beberapa saksi pelapor, ahli pidana, ahli ITE sudah juga,” kata Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin 23 Januari 2017.

Selanjutnya, Kombes Pol Argo Yuwono juga menjelaskan, kasus yang menyeret Rizieq Shihab ini sudah masuk tahap penyidikan. Penyidik saat ini tengah membidik tersangka dalam kasus yang dilaporkan beberapa pihak tersebut.

“Untuk kasus ini sudah naik ke tingkat penyidikan, mencari tersangka. Minggu kemarin sudah masuk penyidikan, yang bersangkutan masih saksi terlapor,” jelas Kombes Pol Argo Yuwono.

Dijetahui sebelumnya, Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) telah melaporkan Rizieq Shihab atas tudingan menyebut ada gambar palu arit di duit kertas baru. Laporan tersebut teregister dalam nomor LP/92/1/2017/PMJ/ Ditreskrimsus tertanggal 8 Januari 2017.

Rizieq Shihab dilaporkan melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pada 10 Januari 2017, sejumlah orang yang tergabung dalam organisasi Solidaritas Merah Putih (Solmet) juga melaporkan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya. Rizieq Shihab dilaporkan terkait ceramah tentang gambar palu arit dalam uang baru yang diunggah ke Youtube.

Laporan dibuat atas nama Firmansyah dan diterima oleh Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya dengan nomor laporan Lp/125/I/2017/PMJ/Dit.reskrimsus tertanggal 10 Januari 2017.

SUMBERMetrotvnews.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR