Menlu RI Retno Marsudi, akan meresmikan sekolah Indonesia di Sittwe dan akan nenyerahkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

JAKARTA, harianpijar.com – Kementerian Luar Negeri RI rencananya akan meresmikan sekolah Indonesia di Sittwe, Myanmar. Diketahui, Sittwe adalah salah satu kota di Rakhine State, wilayah yang ditempati oleh etnis Rohingya.

Menurut keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia, Menlu Retno Marsudi, akan meresmikan sekolah Indonesia di Sittwe. Selain itu, Menlu juga akan nenyerahkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

“Bantuan kemanusiaan Indonesia tersebut, berupa 10 kontainer makanan dan pakaian, yang secara langsung telah dilepas Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 Desember 2016 lalu,” isi siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima pada Sabtu 21 Januari 2017 kemarin.

Selanjutnya, setelah menyerahkan bantuan kemanusiaan, Menlu RI akan meresmikan 2 sekolah di Sittwe yang dibangun dari donasi masyarakat Indonesia.

Diketahui, dalam kunjungan kerja ke Myanmar, Menlu RI Retno Marsudi juga telah melakukan serangkaian pertemuan dengan Permanent Secretary Kementerian Luar Negeri Myanmar, Kepala Perwakilan UNHCR dan UNDP, serta Anggota Advisory Commission on Rakhine State.

Pada pertemuan itu secara umum membahas mengenai hasil KTT OKI di Kuala Lumpur yang digelar Kamis lalu dan mengenai perkembangan situasi kemanusiaan di Rakhine State.

Selain itu, Menlu RI Retno Marsudi dilaporkan mengunjungi Indonesian International School Yangon. Dalam kunjungan di sekolah Indonesian International School Yangon, Menlu RI Retno disambut siswa SD, SMP dan SMA dari 34 negara.

Sementara, para siswa menpersembahkan tarian Saman untuk Menlu RI. Sekolah Indonesian International School Yangon sendiri dibuka sejak tahun 1967 dan saat ini menampung 549 siswa.

SUMBERSindonews.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR