Terlalu-Banyak-Duduk-Bikin-Wanita-Cepat-Tua

harianpijar.com – Fakultas Kedokteran Universitas California melakukan penelitian terhadap 1500 wanita paruh baya, berusia antara 64 sampai 95 tahun.

Pada penelitian itu, mereka diwajibkan menjawab kuesioner dan menggunakan alat untuk mengukur tingkat aktivitas harian.

Dan hasilnya ditemukan bahwa mereka yang lebih banyak duduk dan jarang berolahraga, sel-selnya lebih tua 8 tahun dibanding usia aslinya.

Ketua studi Aladdin Shadyab mengatakan, “Studi kami membuktikan bahwa sel lebih cepat bertambah tua jika mereka jarang berolahraga. Hal itu menunjukkan bahwa usia kronologis tidak selalu sesuai dengan usia biologis.”

Meski demikian, Shadyab menyebut bahwa penelitian itu tidak mencari tahu apa hubungan atau sebab-akibat antara penuaan dini dan kurang olahraga.

“Tapi, penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga memang penting dan harus dimulai sejak usia muda, lalu dilakukan secara teratur, menjadi bagian dari keseharian hingga usia tua,” ujar Shadyab.

Selanjutnya, Shadyab juga menemukan bahwa wanita yang duduk lebih dari 10 jam per hari, punya ukuran telomer atau pelindung kromosom yang memendek. Sejatinya, telomer berfungsi untuk melindungi kromosom dari kerusakan.

“Kami menemukan bahwa wanita yang lebih banyak duduk, punya ukuran telomer lebih pendek,” kata Shadyab.

Tapi, hal itu tidak terjadi jika mereka berolahraga minimal 30 menit sehari.

Shadyab dan beberapa koleganya merencanakan suatu penelitian lanjutan untuk memeriksa lebih jauh hubungan antara olahraga dan panjang telomer pada responden usia muda, termasuk pada pria.

Studi tersebut telah di-publish secara daring di American Journal of Epidemiology pada 18 Januari.

SUMBERWebMD, CNNIndonesia
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR