indra-syafri-pelatih
Indra Syafri, tidak lagi diandalkan konsef blusukan, jika resmi dirinya menangani Indonesia U-19 yang diproyeksikan ke Piala AFF 2017. Karena diperkirakan, proses seleksi pemain bakal menguras waktu.

JAKARTA, harianpijar.com – Konsep blusukan ini yang menjadikan kunci keberhasilan Indra Syafri menjuarai Piala AFF 2013 dan lolos ke putaran final Piala Asia 2014 U-19 di Myanmar.

Karena dari dari metode blusukan ini tak dapat dipungkiri, masyarakat akhirnya bisa mengenal Evan Dimas Darmono dari Jawa Timur, Maldini Pali dari Sulawesi Barat, atau Yabes Roni Malaifani yang berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur.

Tetapi, konsep blusukan itu, tidak akan lagi diandalkan Indra Syafri, jika resmi dirinya menangani Indonesia U-19 yang diproyeksikan ke Piala AFF 2017. Karena diperkirakan, proses seleksi pemain bakal menguras waktu.

Menurut Indra Syafri, aktivitas mencari pemain berbakat dengan mendatangi berbagai wilayah terpencil di Indonesia ketika itu terpaksa dilakukan karena tidak adanya kompetisi reguler di level usia muda.

“Blusukan itu bukan jawaban. Saya lakukan itu karena tidak ada sistem dalam sepak bola kita. Kompetisi usia muda pada saat itu tidak berjalan,” kata Indra Syafri, Jumat 20 Januari 3027.

Lebih lanjut, Indra Syafri, juga mengaku minimnya kompetisi usia dini masih terus menjadi kendala bagi kemajuan sepak bola Indonesia. Untuk itu, dirinya berharap PSSI lebih fokus membenahi tatanan pembinaan usia dini.

“Kalau kita melakukan hal yang sama (blusukan) berarti tidak ada kemajuan. Itu kenapa kompetisi usia muda menjadi penting bagi pelatih supaya leluasa menyeleksi dengan database yang sudah ada,” tegas Indra Syafri.

Sementara, saat ini, Indra Syafri, menjelaskan, akan mengandalkan koneksinya di daerah yang sempat didatangi ketika blusukan. Lain itu, dirinya juga akan bekerja sama dengan klub dan Asosiasi Provinsi PSSI yang memiliki data pemain muda.

“Nanti semua pemain terbaik yang saya dapat akan diseleksi lagi sampai benar-benar cukup ideal untuk bersaing,” jelas Indra Syafri, yang mengaku belum mendapat surat resmi dari PSSI yang menyebutkan dia akan menangani Timnas U-19.

SUMBERCNNIndonesia.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR