kapolri tito karnavian dan rizieq shihab

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian mempertimbangkan penilaian publik dalam menangani sejumlah perkara yang menjerat pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Sementara, saat ini ada enam laporan atas Rizieq Shihab mencakup dugaan penghinaan Pancasila, penistaan agama, dan tudingan palu arit terhadap pemerintah. Lima perkara ditangani Polda Metro Jaya dan satu laporan ditangani oleh Polda Jawa Barat.

Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, ini kan cukup sensitif. Penolakan massa terhadap Rizieq Shihab dan suara publik mengenai Pancasila di mana-mana. “Kami mendengar suara publik juga,” kata Tito Karnavian di Jakarta, Kamis 19 Januari 2017.

Hal tersebut disampaikan Tito Karnavian, dalam menyikapi kemungkinan Rizieq Shihab mengajukan permintaan resmi mediasi kepada Kepolisian. Lain itu, menurutnya Rizieq Shihab sempat menyatakan keinginannya agar segala permasalahan hukum diselesaikan secara kekeluargaan.

Namun, Tito Karnavian juga mengatakan, mediasi bergantung pada sikap pelapor. Menurutnya, perkara dapat selesai apabila pelapor bersedia mediasi dengan Rizieq Shihab. Tetapi, dirinya mengatakan hingga saat ini belum ada permintaan resmi Rizieq Shihab untuk mediasi.

“Ada namanya restorative justice kalau dalam kasus ringan kemudian pelapor menyatakan selesai, ya selesai,” kata Tito Karnavian.

Sementara, kasus hukum yang menjeratnya belum selesai, Rizieq Shihab kembali mendapat kecaman. Diketahui, kecaman tersebut kali ini datang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). PDI Perjuangan tidak terima dengan pernyataan Rizieq Shihab bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menistakan agama dan suku bangsa.

Menurut Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat DPP PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari memandang tidak perlunya menggelar dialog dengan Rizieq Shihab terkait tudingan itu.

Lebih lanjutnya, menurutnya, PDI Perjuangan siap menghadapi Rizieq Shihab di Pengadilan karena telah mengancam melaporkan Megawati Soekarnoputri ke polisi. Bahkan, Rizieq Shihab juga dituntut meminta maaf atas tudingan itu.

loading...