Sukmawati Soekarnoputri, kader-kader pengawal ideologi Pancasila masih ada, mereka akan melawan segala bentuk upaya penggantian ideologi Pancasila dengan ideologi lain.

JAKARTA, harianpijar.com – Sukmawati Soekarnoputri menilai saat ini sedang ada upaya terselubung dari kelompok tertentu untuk menggantikan ideologi Pancasila menjadi ideologi negara Islam.

Menurut Sukmawati Soekarnoputri, mengatakan, Indonesia bukan negara Islam. Lain itu, kader-kader pengawal ideologi Pancasila masih ada. Menurutnya, mereka akan melawan segala bentuk upaya penggantian ideologi Pancasila dengan ideologi lain.

“Ya jelaslah, dari rentetan yang saya alami, sama juga sejak saya kecil,” kata Sukmawati Soekarno di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017.

Lebih lanjut, Sukmawati Soekarnoputri menyadari, ketika Indonesia dipimpin oleh kaum nasionalis, masih ada kelompok yang terus menolak. Karena itu, menurutnya ada pihak-pihak yang berusaha memasukkan ideologi Islam hingga menjadikan Indonesia sebagai negara Islam.

Sementara, Sukmawati Soekarnoputri juga menjelaskan, untuk melawan pemaksaan itu, langkah yang harus ditempuh adalah memperkuat pemahaman ideologi Pancasila kepada masyarakat. “Indonesia bukan Islamic State,” jelas Sukmawati Soekarnoputri.

Sedangkan, menurut Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) Angelo Wake Kako, menilai pihak-pihak yang berusaha menggulingkan Pancasila adalah dari kalangan intoleran.

Selanjutnya, dirinya mengaku optimistis Indonesia mampu meredam kelompok yang berusaha mendirikan negara Islam. Selain itu, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meyakini bahwa kelompok intoleran hanyalah kelompok kecil.

Menurut Angelo Wake Kako, saat ini adalah momen yang tepat untuk bersatu melawan segala pihak yang berusaha menjatuhkan ideologi Pancasila. Karenanya, dirirnya mendesak pemerintahan Joko Widodo agar tegas melawan organisasi-organisasi yang intoleran.

“Wacana pembubaran ormas intoleran harus dilaksanakan,” tandas Angelo Wake Kako.

SUMBERTempo.co
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR