Akun Twitter Rizieq Shihab dan FPI diblokir

harianpijar.com – Twitter membenarkan adanya laporan dari para user atau pengguna terhadap tiga akun yang berafiliasi Front Pembela Islam (FPI) menjadi penyebab penangguhan (suspend). Pihak Twitter Indonesia menyebut tak bisa diaksesnya akun itu terjadi akibat melanggar Peraturan Twitter.

“Penangguhan akun terjadi berdasarkan laporan-laporan yang kami terima dari pengguna melalui prosedur pelaporan pelanggaran yang kami miliki,” kata Priscilla Carlita mewakili Twitter Indonesia melalui surat elektronik (email), seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin, 16 Januari 2017.

Priscilla menjelaskan, aksi penangguhan tidak asal dilakukan. Untuk memastikan ada unsur pelanggaran atau tidak, tim Twitter di San Francisco (Amerika Serikat) dan Dublin (Irlandia) memproses semua aduan pengguna sesuai peraturan yang mereka berlakukan.

Ada tiga garis besar jenis pelanggaran yang terdapat di situs Twitter. Pertama adalah batasan konten dan penggunaan Twitter. Kedua, perilaku yang menghina. Dan poin terakhir, Twitter berfokus pada pelarangan konten spam.

Soal kasus penangguhan akun @DPP_FPI, @syihabrizieq, dan @HumasFPI, Priscilla belum menyebut secara spesifik jenis pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga akun tersebut.

Namun dirinya juga menyatakan pengguna yang mendapati akunnya ditangguhkan, bisa meminta untuk dipulihkan kembali.

“Pengguna terkait dapat mengajukan banding jika merasa tidak melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Twitter maupun Terms of Service,” tambah Priscilla. (cnni)

loading...