Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, dari gesture Palembang sangat yakin dapat menggelar MotoGP pada 2018.

JAKARTA, harianpijar.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), optimistis mengenai peluang Indonesia untuk menyelenggarakan MotoGP di Palembang pada 2018.

Menurut Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, cukup optimistis soal peluang Indonesia sebagai penyelenggara MotoGP di Palembang pada 2018. Namun, sejauh ini cukup yakin dengan perkembangannya.

“Hanya saja belum ada laporan tertulis mengenai perkembangan pembangunan sirkuit di Palembang dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin,” kata Gatot S. Dewa Broto, seperti dilansir CNNIndonesia.

Sementara, sebelumnya Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, pembangunan sirkuit MotoGP di Palembang diperkirakan membutuhkan biaya Rp500 hingga Rp600 miliar dan seluruh biaya itu akan ditanggung oleh pemodal.

Selain itu, Gatot S. Dewa Broto juga mengaku, pihaknya hanya menjalin komunikasi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin secara informal. Tetapi, diyakini pihak Pemprov Sumsel akan segera memberi perkembangan terkini.

“Pak Alex akan secepatnya menyampaikan perkembangan. Dari gesture, Palembang sangat yakin dapat menggelar MotoGP pada 2018,” jelas Gatot S. Dewa Broto.

Sedangkan, menurut masterplan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, butuh 14 bulan untuk pembangunan sirkuit dan sirkuit ditargetkan sudah bisa digunakan untuk musim MotoGP 2018.

Lain itu, Gatot S. Dewa Broto, menyampaikan, pihaknya belum dapat menjanjikan bantuan finansial untuk pembangunan sirkuit di Palembang.

“Kemenpora dalam hal ini tidak dalam hal kapsitas membantu infrastruktur maupun commitment fee, karena itu menjadi komitmen pihak penyelenggara. Berdasarkan pengalaman, sulit mencari dasar hukum yang jelas untuk bantu lewat jalur APBN,” tandas Gatot S. Dewa Broto.

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR