Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol RP Argo Yuwono, Rizieq Shihab harus membuktikan tudingannya itu.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, membantah tudingan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menyebut ada organisasi kemasyarakatan (ormas) siluman yang melapor atas ceramahnya yang menyinggung soal logo Bank Indonesia di pecahan uang rupiah bergambarkan palu arit.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol RP Argo Yuwono mengatakan, Rizieq Shihab harus membuktikan tudingannya itu. “Nanti buktikan saja. Masalah ini, kalau polisi itu membuktikan ada laporan. Kami akan proses,” kata Kombes Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, seperti dilansir CNNIndonesia, Kamis 12 Januari 2017.

Lebih lanjut, Kombes Pol Argo Yuwono, juga mengaskan, Rizieq Shihab dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh kelompok masyarakat yang menamakan diri Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF), pada Minggu 8 Januari 2017 lalu. Lain itu, mereka menilai ucapan Rizieq Shihab berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diketahui, selain Jaringan Muda Anti Fitnah (JIMAF) terdapat juga Solidaritas Merah Putih yang melaporkan Rizieq Shihab dengan perihal yang sama, pada Selasa 10 Januari 2017.

Dengan banyaknya laporan, Rizieq Shihab pun memutuskan bertemu dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, pada Rabu 11 Januari 2017 kemarin. Namun, usai melakukan pertemuan, Rizieq Shihab justru menuding terdapat ormas siluman yang dengan sengaja melaporkan soal ceramahnya itu. Tetapi, entah ormas mana yang dimaksud Rizieq Shihab sebagai ormas palsu itu.

Menurut Rizieq Shihab, polisi seharusnya menanggapi komentar dirinya soal palu arit secara ilmiah namun polisi justru menerima laporan ormas tersebut yang seolah-olah dirinya mencemarkan nama baik Bank Indonesia.

“Justru Bank Indonesia tidak mau melaporkan karena BI tahu betul soal kesalahan itu. Akhirnya diciptakan LSM siluman yang kemungkinan binaan Polda Metro yang kemudian membuat laporan itu,” kata Rizieq Shihab di DPR.

Menurut Kombes Pol Argo Yuwono, laporan terhadap Rizieq Shihab ada yang dilakukan perorangan dan komunitas dan mereka turut melaporkan hal yang sama.

Selanjutnya, Kombes Pol Argo Yuwono juga tidak mempersoalkan jika nantinya Rizieq Shihab akan melaporkan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan. Namun demikian, polisi akan tetap menyelidiki apakah laporan itu ada unsur pidana atau tidak.

“Kami cek dulu, nanti kami lakukan penyelidikan apakah itu ada unsur pidana atau tidak. Diterima tidaknya laporan nanti tergantung di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, tim konsultasi di sana,” tandas Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR