Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan, pengamanan dilakukan secara berlapis, baik di dalam area Auditorium Kementerian Pertanian maupun di luar area gedung.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Selatan, siap mengamankan sidang kasus dugaan penistaan agama yang menjerat calon gubernur DKI Jakarta bernomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurut Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Iwan Kurniawan, persiapan dilakukan secara berlapis, baik di dalam area Auditorium Kementerian Pertanian maupun di luar area gedung.

Lebih lanjut, Kombes Pol Iwan Kurniawan, mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 2500 personel untuk mengamankan jalannya sidang. Menurutnya, jumlah tersebut tidak termasuk aparat yang berjaga di luar gedung auditorium.

“Kami dibantu Polda Metro Jaya dan siap melaksanakan pengamanan sidang besok,” kata Kombes Pol Iwan Kurniawan saat berada di Auditorium Kementan, Senin 2 Januari 2017 malam.

Selain itu, Kombes Pol Iwan Kurniawan juga menegaskan, pihaknya akan membagi dalam empat ring untuk mengamankan sidang dan pembagian tersebut dilakukan di dalam area sidang dan luar area sidang.

Sedangkan, aksi unjuk rasa juga disiapkan pengamanannya. “Jumlah massa cukup banyak, tapi tempat sudah kami bagi,” tegas Kombes Iwan Kurniawan.

Lain itu, dirinya juga menjamin ruang sidang sudah disiapkan dan disterilkan. “Kami tidak membolehkan siapapun untuk memasuki area sidang, kecuali besok pagi,” ucap Kombes Pol Iwan Kurniawan.

Berdasarkan fakta dilokasi, saat ini sudah ada beberapa anggota polisi yang berjaga di luar gedung auditorium. Sedangkan wartawan yang akan meliput jalannya sidang ada sekitar 30 orang jurnalis yang telah siap.

Diketahui, sidang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar di Hall D Auditorium Kementerian Pertanian di Jalan Harsono, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Januari 2017 pukul 09.00. Lain itu, sidang diagendakan untuk pemeriksaan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR