Salah seorang perwakilan PPKJ Rita Serena Kolibonso, program yang dikucurkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Ahok-Djarot jadikan kaum wanita sebagai pelaku dan penerima manfaat dari pembangunan kota Jakarta.

JAKARTA, harianpijar.com – Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, mendapat dukungan ratusan wanita yang tergabung dalam komunitas Perempuan Peduli Kota Jakarta.

Selanjutnya, program yang dikucurkan pasangan ini saat menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadikan kaum wanita sebagai pelaku dan penerima manfaat dari pembangunan kota Jakarta.

Menurut salah seorang perwakilan PPKJ Rita Serena Kolibonso, program layanan peka gender pasangan Ahok-Djarot ditunjukkan dalam bidang kesehatan, pendidikan dan penguatan kohesi sosial di masyarakat,” kata Rita Serena Kolibonso di Resto Tjikinii Lima, Jakarta, Senin, 2 Januari 2017.

Lebih lanjut, Rita Serena Kolibonso, program-program yang peka terhadap kaum wanita diantaranya, program Kartu Jakarta Sehat (KJS). Selain itu, KJS yang menjadi terobosan di bidang pelayanan kesehatan yang komprehensif terutama bagi perlindungan dan kesehatan reproduksi perempuan. “Angka Kematian Ibu (AKI) di Jakarta menurun menjadi 98/100 ribu,” tegas Rita Serena Kolibonso.

Sementara, program Kartu Jakarta Pintar (KJP), yang dikucurkan Gubernur dan Wakil DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, juga memberikan perhatian kaum perempuan. Pasalnya, Kartu Jakarta Pintar (KJP), menurut Rita Serena Kolibonso, perempuan berkepentingan langsung memenuhi hak-hak pendidikan bagi anaknya.

Lain itu, Rita Serena Kolibonso juga menjelaskan, anggaran Rp 2,5 triliun yang telah dikucurkan Pemprov DKI Jakarta untuk penerima KJP, sangat meringankan beban masyarakat. “Terutama bagi perempuan,” jelasnya.

Sedangkan, PPKJ yang beranggotakan 573 perempuan itu, melalui program Ahok-Djarot membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dianggap yang paling mampu menguatkan kohesi sosial. Karena menurut Rita Serena Kolibonso, dapat memperbesar ruang interaksi warga Jakarta antar generasi. “RPTRA kami pandang sebagai wujud nyata lingkungan Jakarta yang saling peduli,” tandas Rita Serena Kolibonso.

loading...