Lakukan 5 Langkah Ini Jika Akun Facebook Anda Diretas

facebook di hack

harianpijar.com – Akun Facebook layaknya seperti arsip pribadi seseorang. Banyak orang menganggap akun Facebook-nya begitu berharga. Seseorang bisa saja sedih atau bahkan sampai stres ketika tahu akunnya diretas atau “dihack”.

Soalnya, data-data dalam akun Facebook bisa jadi terancam. Foto atau video bisa saja dihapus, pesan personal bisa dieksploitasi, dan tentunya profil akun Facebook juga bisa diedit oleh oknum nakal.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika akun sudah terlanjur diretas?

Seperti dikutip harianpijar.com dari KompasTekno, Jumat, 30 Desember 2016. Berikut 5 langkah yang sebaiknya dilakukan:

1. Ganti password
Langkah ini bisa dilakukan jika password Anda belum diganti oleh si peretas.

Untuk Facebook versi desktop, tekan “Menu” di pojok kanan atas, selanjutnya pilih “Setting”, dan terakhir tekan tombol “Edit” di bagian “Password”.

Facebook versi iOS, tekan “Menu” di pojok kanan bawah, pilih “Settings”, lalu pilih “Account Settings”, tekan “General”, lalu “Password”.

Facebook versi Android, caranya tidak berbeda jauh dengan versi iOS. Hanya saja, tombol “Menu” terletak di kanan atas bukan kanan bawah.

Masukkan password lama, password baru, dan mengonfirmasi password baru. Selanjutnya, Anda bisa melakukan penyetelan privasi akun lewat opsi “Privacy Settings” di “Account Settings”.

2. Reset password
Langkah ini dipilih ketika password sudah terlanjur diganti si peretas dan Anda ditendang keluar dari akun sendiri.

Caranya, ketika hendak masuk atau sign in. Pilih “Forgot your password?”

Selanjutnya, masukkan alamat e-mail yang Anda daftarkan saat membuat Facebook. Atau juga bisa memasukkan username Facebook, tergantung pada pilihan Anda.

Reset password facebookJika password Anda tak bisa direset karena peretas sudah mengubah e-mail dan nomor telepon, Anda bisa memilih “No longer have access to these?”.

Kemudian Anda akan dibawa ke sebuah formulir online. Dan harus mengisi alamat e-mail baru yang nantinya digunakan untuk memperbaiki akun Anda.

3. Laporkan akun yang dibobol
Langkah ini sangat dianjurkan ketika akun Anda tak bisa dikembalikan seperti semula.

Caranya, masuk ke tautan ini. Lalu, tekan tombol biru agar Facebook segera memproses perbaikan untuk akun Anda.

4. Kabari teman Anda
Seraya menunggu kabar perbaikan, kabari teman-teman Facebook Anda lewat media sosial lain, email, dll.

Agar nantinya tidak timbul masalah baru jika si peretas mengeksploitasi akun Anda dengan menyebar pesan-pesan tak benar.

5. Hapus aplikasi yang mencurigakan
Ada contoh kasus akun Facebook diretas bukan oleh manusia, melainkan oleh aplikasi. Tepatnya, beberapa aplikasi yang sengaja diselipi malware untuk mengobok-obok akun.

Caranya, tekan tanda “Home”, lalu “Account Settings”, dan “Apps”. Kemudia akan muncul daftar aplikasi yang tertanam dalam akun.

Tekan ikon “X” untuk menghapus aplikasi, atau klik “Edit” dan pilih opsi untuk menghapus aplikasi.

Selamat mencoba.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar