Menjamin Sopir Bus AKAP Terbebas Narkoba, Ditlantas Polda Sumsel Lakukan Tes Urine

Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Raden Slamet Santoso, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan penumpang angkutan umum itu perlu dilakukan pemeriksaan urine secara tiba-tiba.

PALEMBANG, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan, melakukan pemeriksaan tes urine terhadap supir angkutan umum antarkota antarprovinsi (AKAP). Lain itu, pemeriksaan dilakukan untuk menjamin sopir terbebas dari pengaruh narkoba dan minuman keras.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Raden Slamet Santoso, supir antarkota antarprovinsi (AKAP) berpotensi mengonsumsi narkoba dan minuman keras. “Karena itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan penumpang angkutan umum itu perlu dilakukan pemeriksaan urine secara tiba-tiba,” kata Kombes Pol Raden Slamet Santoso, di Palembang, Selasa, 27 Desember 2016.

Lebih lanjut, Kombes Pols Raden Slamet Santoso, hari ini pihaknya bersama instansi terkait melakukan razia dan tes urine terhadap supir dan kernet bus AKAP di terminal KM 12 Palembang.

Baca juga:   Positif Narkoba, Propam Tahan Salah Satu Polantas yang Tertangkap Pungli

Selain itu, pemeriksaan urine itu dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi supir dan kernet yang sedang melaksanakan tugas mengantarkan penumpang melakukan perjalanan panjang dalam kondisi sehat dan tidak di bawah pengaruh narkoba dan minuman keras.

Sementara, menurut Kombes Pol Raden Slamet Santoso, dalam pemeriksaan urine tidak ditemukan supir dan kernet bus AKAP yang mengonsumsi narkoba atau minuman keras.

“Karena hasil pemeriksaan urine tidak ditemukan supir dan kernet yang mengonsumsi barang terlarang, seluruh bus yang terjaring razia diperbolehkan melanjutkan perjalanan baik dari Palembang ke sejumlah kota di provinsi Sumatera lainnya maupun ke Pulau Jawa,” jelas Kombes Pol Raden Slamet Santoso.

Baca juga:   Polda Metro Jaya Akan Tindak Tegas Anggota yang Konsumsi Narkoba

Selanjutnya, untuk terus menjamin supir yang melakukan pelayanan kepada masyarakat pengguna angkutan umum/bus AKAP dalam kondisi prima dan tidak di bawah pengaruh narkoba atau minuman keras, pihaknya akan terus melakukan razia serupa secara acak.

“Razia dan pemeriksaan urine supir/kernet bus AKAP akan terus dilakukan secara acak. Hal ini untuk agar mereka tidak mencoba-coba mengonsumsi narkoba/minuman keras, yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi dan membahayakan keselamatan penumpang,” tandas Kombes Pol Raden Slamet Santoso.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini