Atasi Blanko e-KTP Habis, Kemendagri Siapkan Surat Edaran Penggunaan Surat Keterangan

Direktur Pencatatan Sipil Kemendagri Anny Julistiani, sudah sediakan surat edaran, akan diberikan surat keterangan yang kedudukannya sama seperti KTP elektronik, yang dapat dipakai untuk semua keperluan termasuk pilkada - Ilustrasi e-KTP.

JAKARTA, harianpijar.com – Dalam mengatasi masalah habisnya blanko e-KTP, Kementerian Dalam Negeri akan mengirimkan surat edaran ke setiap daerah mengenai penggunaan Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP.

Menurut Direktur Pencatatan Sipil Kemendagri Anny Julistiani, kami sudah sediakan surat edaran, diberikan surat keterangan yang kedudukannya sama seperti KTP elektronik, yang dapat dipakai untuk semua keperluan termasuk pilkada.

Selanjutnya, Anny Julistiani juga menjelaskan, blanko e-KTP saat ini sudah habis. Saat ini pihak mnya (Kemendagri) akan melakukan tender ulang pada Januari 2017 mendatang.

Baca juga:   Soal Tersangka Baru e-KTP, Wakil Ketua KPK: Sabar Tidak Akan Mengecewakan Publik

“Pada 2016 ini kami gagal lelang. Tetapi, saat ini dirjen sudah pratender, diharapkan awal Januari atau Februari sudah disediakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” kata Anny Julistiani, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis 22 Desember 2016.

Lebih lanjut, juga ditegaskan Anny Julistiani, pihaknya (Kemendagri) juga mengalami kesulitan mengenai data penduduk yang sudah meninggal. Hal ini, disebabkan kesadaran masyarakat masih kurang untuk melaporkan bila keluarganya meninggal.

Baca juga:   Ahok: Sisa Operasional Miliaran Dikembalikan, Hina Sekali Terima Ratusan Juta Dari Proyek E-KTP

“Masalah kematian menjadi permasalahan dalam data kependudukan tahun 2015. Pak Dirjen sudah mengirimkan surat edaran pada Maret 2016 kerjasama dengan pemakanan supaya dapat diselesaikan,” tandas Direktur Pencatatan Sipil Kemendagri Anny Julistiani.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini