Hatta Taliwang Tersangka Dugaan Makar, Ajukan Penangguhan Penahanan

Hatta Taliwang ditahan polisi sebagai tersangka dugaan Makar.

JAKARTA, harianpijar.com – Hatta Taliwang aktivis yang jadi tersangka dugaan makar, Melalui kuasa hukum dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), mengajukan penangguhan penahanan ke Polda Metro Jaya.

Menurut Wakil Ketua ACTA, Ahmad Leksono, hari ini Hatta Taliwang diperiksa lanjut sebagai tersangka. “Kami juga mau mengajukan permohonan penangguhan penahanan secara formal ke penyidik,” kata Ahmad Leksono di Mapolda Metro Jaya, Senin 12 Desember 2016.

Lebih lanjut, Ahmad Leksono, penangguhan penahanan ini diajukan dengan anak kedua Hatta Taliwang, Rezqa Rencana Islami (30) sebagai penjaminnya. Lain itu, juga akan mengajukan sejumlah tokoh nasional untuk jadi penjamin Hatta Taliwang.

Baca juga:   Diduga Makar, Hatta Taliwang Ditetapkan sebagai Tersangka

“Untuk tokoh nasional besok diusulkan karena hari ini masih libur nasional. Sudah ada beberapa tokoh nasional yang siap menjadi penjamin, tetapi saya tida bisa sebutkan siapa saja karena baru besok dimintai tanda tangannya,” tegas Ahmad Leksono.

Selanjutnya, Ahmad juga menjelaskan, penangguhan penahanan diajukan karena mempertimbangkan sikap kliennya yang selama ini kooperatif dan tidak akan melarikan diri. Disampin itu, Hatta Taliwang yang sudah berusia 63 tahun juga disebut memiliki penyakit.

“Prinsipnya Pak Hatta siap kooperatif, siap diperiksa kapan saja sepanjang dibutuhkan dan seluruh barang bukti juga sudah disita, selain kesehatan beliau yang menurun juga punya asam lambung akut,” ucap Ahmad Leksono.

Baca juga:   Diduga Makar, Hatta Taliwang Ditetapkan sebagai Tersangka

Sebelumnya, Hatta Taliwang ditangkap Polda Metro Jaya di Rusun Bendungan Hilir, Kamis 8 Desember 2016. Polisi langsung menetapkan Hatta Taliwang sebagai tersangka karena mem-posting hasutan yang diduga menimbulkan permusuhan terkait suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) pada akun Facebook miliknya.

Selain itu, Hatta Taliwang juga diduga terlibat upaya makar karena diketahui turut hadir dalam pertemuan dengan para tokoh yang telah ditetapkan polisi sebagai tersangka makar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini