Julia Perez saat mengunjungi kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Inna Samudera.
Julia Perez saat mengunjungi kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Inna Samudera.

SUKABUMI, harianpijar.com – Mitos Nyi Roro Kidul suka atau tidak suka pasti akan terus bertautan dengan kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Yang konon katanya, si Penguasa Laut Selatan ini memang telah bertahta dan bersemayam di sepanjang perairan kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Salah satu yang menjadi jejak Ratu Cantik tapi Gaib ini bisa traveler telusuri di Hotel Inna Samudera, hotel bintang 4 yang berada di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Nah, di hotel ini lah, katanya ada satu kamar istimewa yang khusus diperuntukkan kepada Sang Ratu Kidul.

Seperti dilansir hariapijar.com dari detikTravel, yang dilihat dari Situs Resmi Dinas Pariwisata Jawa Barat, pada Kamis, 8 Desember 2016, kamar khusus ini bernomor 308. Walaupun kamar ini sering disambangi oleh Ratu Nyi Roro Kidul, pengunjung biasa juga bisa mencoba untuk menginap di dalamnya.

Kamar 308 ini dibuka untuk umum, anehnya meski erat hubungannya dengan mitos Nyi Roro Kidul, kamar ini tidak pernah sepi alias selalu ramai dikunjungi oleh peminat. Rata-rata para pengunjung banyak yang penasaran ingin melihat langsung isi kamar 308 ini. Bahkan artis seperti Julia Perez pun pernah menginap di kamar yang banyak didominasi warna hijau ini.

Kamar 308 dengan payung hijau sebagi ciri penandanya
Kamar 308 dengan payung hijau sebagi ciri penandanya. (foto: disbudpar.jabarprov.go.id)

Sekilas, kamar 308 ini seperti kamar-kamar Hotel Inna Samudera pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah di bagian depan kamar. Ada payung berwarna hijau terletak di sebelah kanan pintu kamar.

Nuansa mistis pun langsung terasa, begitu masuk ke dalam kamar, dan sontak membuat bulu kuduk merinding. Bau dupa memenuhi seisi kamar ini, nuansa warna hijau yang merupakan warna kebesaran sang Ratu Kidul sangat dominan di dalam kamar.

Begitu pula dengan lukisan yang menggambarkan kecantikan Sang Ratu, ikut menghiasi beberapa dinding kamar 308 tersebut. Ada pula bunga-bunga yang diletakkan di dalam vas dan dupa dibakar di depannya.

Lukisan Nyi Roro Kidul dengan dupa di depannya
Lukisan Nyi Roro Kidul dengan dupa di depannya. (foto: disbudpar.jabarprov.go.id)

Beralih ke sudut kamar, ada sebuah sofa warna merah dengan selubung kain berwarna hijau. Payung berwarna hijau juga sengaja diletakkan berdampingan dengan sofa tersebut.

Dilain itu, mahkota, beberapa perhiasan, hingga pakaian berwarna hijau yang merupakan pakaian kebesaran Sang Ratu Kidul, juga ikut tersimpan rapi di dalam kamar ini. Barang-barang kesayangan Sang Ratu sengaja diletakkan di dalam kotak kaca, agar tidak dicuri oleh tangan-tangan jahil yang menginginkannya.

Sofa merah dan mahkota Sang Ratu Kidul
Sofa merah dan mahkota Sang Ratu Kidul. (foto: disbudpar.jabarprov.go.id)

Di kamar ini pun, traveler bisa melihat banyaknya surat-surat dari hasil doa dan pertapaan orang-orang yang berkunjung di kamar ini. Isinya, banyak yang meminta rezeki dan jodoh.

Sementara itu, di sisi lain dari kamar ini, ada ranjang yang berhiaskan seprai berwarna hijau, lengkap beserta bantal dan gulingnya. Nah, di ranjang inilah traveler bisa beristirahat bila memutuskan untuk bermalam di kamar 308.

Ranjang Sang Ratu Kidul di Kamar 308
Ranjang Sang Ratu Kidul di Kamar 308. (foto: disbudpar.jabarprov.go.id)

Rasanya cukup sulit untuk traveler bisa memejamkan mata bila menginap dengan nuansa seperti ini, ditambah lagi kalau traveler datang sendirian. Tapi tetap saja, banyak pelancong yang datang untuk berkunjung ke kamar ini.

Traveler tidak harus menginap di dalam kamar 308. Sekadar melihat-lihat juga boleh, cukup sediakan saja biaya sukarela minimal Rp 35ribu kepada pihak hotel.

Namun ingat traveler harus tetap menjaga kesopanan dan jangan mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh, kalau tidak mau sesuatu yang buruk terjadi. Boleh percaya boleh tidak. So, berani tidak menginap di Kamar 308?

Berani menginap di kamar 308 Hotel Inna Samudera
Berani menginap di kamar 308 Hotel Inna Samudera? (foto: disbudpar.jabarprov.go.id)
loading...