Umumkan Partai Ummat, PAN: Hal Ini Berarti Amien Rais Telah Keluar

Viva-Yoga-Mauladi
Viva Yoga Mauladi. (foto: twitter/dpr_ri)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) angkat bicara soal pengumuman partai baru Amien Rais, yakni Partai Ummat. PAN menyatakan Amien Rais bukan lagi bagian dari PAN sejak mengumumkan nama partai baru tersebut.

“Hari ini Pak Amien Rais mengumumkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN,” kata Jubir yang juga Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi kepada awak media, Kamis, 1 Oktober 2020.

Baca juga:   Jika Mau Islah dengan Amien Rais, Prodem: Zulkifli Hasan Harus Serahkan Jabatan Pimpinan MPR ke Mulfachri

“Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN,” tambahnya.

Kendati begitu, Viva Yoga Mauladi tetap mengucapkan selamat atas berdirinya Partai Ummat. Menurutnya, ideologi Partai Ummat dan PAN berbeda.

Viva Yoga Mauladi juga menegaskan Partai Ummat tidak ada kaitannya dengan PAN. PAN dan Partai Ummat berjalan sendiri dan fokus dengan tujuan masing-masing.

Baca juga:   Tanggapi Dradjad PAN, Gerindra Tegaskan Tak Pernah Merengek Minta Gabung Koalisi Jokowi

Sebagaimana diketahui, politikus senior Amien Rais mengumumkan nama partai barunya yakni Partai Ummat. Pengumuman partai baru itu disampaikan Amien Rais melalui akun YouTube resminya.

Amien Rais menjelaskan arti nama partai barunya, Partai Ummat. Menurutnya, ini terkait dengan asas partainya.

“Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” ujar Amien Rais. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini